Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 Di MTs Negeri Gowa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 di MTS Negeri Gowa”. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenisnya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yakni guru yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa dan sumber data sekunder berupa dokumentasi penting menyangkut profil sekolah, dokumen kurikulum, petunjuk teknis pengembangan silabus untuk mata pelajaran bahasa Arab. Adapun kesulitan Guru dalam pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum 2013 di MTS Negeri Gowa antara lain: 1) kesulitan yang dialami dalam merencanakan pembelajaran adalah menganalisis Kompetensi inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Merumuskan Indikator, merumuskan tujuan pembelajaran, Media dan Metode yang akan digunakan, 2) Kesulitan dalam  melaksanakan  pembelajaran adalah  menerapkan pendekatan  scientific yang  mengarahkan pembelajaran berpusat kepada  peserta didik, akan  tetapi minimnya minat  belajar bahasa Arab sehingga peserta didik kurang memperhatikan pelajaran serta menganggap bahwa bahasa Arab itu susah untuk dipelajari, dan 3) Kesulitan dalam  menilai hasil  pembelajaran  yaitu  pada tekhnik penilaian sikap sulit dalam menumbuhkan  sikap  mandiri dan gemar membaca dalam diri peserta didik. Kemudian pada tekhnik penilaian  pengetahuan dan  keterampilan  yaitu karena dalam suatu ruangan terlalu banyak  jumlah  peserta didik  sedangkan alokasi waktu yang disiapkan  terbatas sehingga peserta didik tidak memiliki kesempatan melakukan unjuk kerja demikian juga halnya dengan proyek dan portofolio belum berjalan sesuai dengan langkah-langkah penilaian  karena guru belum memahami tekhnik penilaian tersebut. Kata Kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum 2013