Implementasi Perencanaan, Rekrutmen Dan Seleksi Guru Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Qodiri 1 Jember)

Abstract

  ABSTRAK Hingga kini sumber daya manusia merupakan salah satu indikor penentu kualitas pendidikan, lebih-lebih di era digitaliasi ini . Namun menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tidak semudah membalikkan telapk tangan, tetapi membutuhkan proses yang berisi program-program yang berorientasi  kepada persiapan dan pengembangan kualitas SDM. Walhasil, SDM yang berkualitas itu mutlak memerlukan manajemen yang baik dan terarah sesuai dengan tujuannya. Oleh karena betapa pentingnya peran dan fungsi sumber daya pendidik dalam organisasi pendidikan, maka upaya manajemen sumber daya pendidik, baik perencanaan, rekrutmen dan seleksi, orientasi dan penempatan, dan kompensasi sangatlah urgen dan  harus dilakukan untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas. Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Guru Bahasa Arab di MTs. Al Qodiri 1 Jember. 2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi Guru Bahasa Ar di MTs. Al Qodiri 1 Jember. 3) Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang: 1) Perencanaan Guru Bahasa Arab di MTs. Al Qodiri 1 Jember. 2) Rekrutmen dan seleksi Guru Bahasa Arab di di MTs. Al Qodiri 1 Jember. Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sebagai instrument, penelitia memperoleh data melalui pengamatan dengan cara observasi, wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, para guru dan KTU dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti  menggunakan tekhnik kredibelitas dan konfirmabilitas setelah data direduksi dan disajikan, yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan; 1) Pihak madrasah melalui kemandiriannya telah mampu merancang dan menyusun perencanaan Perencanaan Guru Bahasa Arab secara sistematis. Hal ini terbukti adanya langkah-langkah yang dilakukan pihak madrasah dalam perencanaan Perencanaan Guru Bahasa Arab, yaitu : menganalisa faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan Perencanaan Guru Bahasa Arab , meramalkan kebutuhan Perencanaan Guru Bahasa Arab , menentukan kebutuhan Perencanaan Guru Bahasa Arab, menganalisa ketersediaan Perencanaan Guru Bahasa Arab. 2) Pola rekrutmen Perencanaan Guru Bahasa Arab dilakukan oleh pihak madrasah dengan secara terbuka dan tertutup, profesional dan sistematis. Artinya pihak madrasah membuka peluang meskipun dalam skala kecil, disamping secara tertutup yang memprioritaskan sumber-sumber internal madrasah. Sistematis berarti pihak madrasah secara sederhana telah melakukan proses rekrutmen yaitu menentukan jabatan kosong, menentukan persyaratan jabatan, menentukan sumber dan metode rekrutmen. Sedangkan pelaksanaan seleksi dianggap telah memenuhi unsur-unsur profesionalitas, indikatornya MTs. Al Qodiri 1 Jember dalam seleksi meskipun tidak dilakukan secara forma, tetapi setidaknya seleksi calon pendidik baru dilaksanakan kepada kreteria, standar dan spesifikasi tertentu dengan langkah-langkah praktis sebagai berikut: pertama seleksi administratif. Kedua, tes tulis. Ketiga, tes wawancara.  Kata Kunci: Perencanaan, Rekrutment dan Seleksi.