Rancang Bangun Manajemen Mutu Kurikulum Sebagai Pedoman Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
ABSTRAK Dalam rangkan optimalisasi pengawalan manajemen kurikulum dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan di sekolah, dibutuhkan langkah-langkah produktif dari berbagai elemen yang mempunyai andil di dalamnya, elemen tersebut diantaranya meliputi elemen sekolah, orang tuan dan masyarakat. Guru sebagai pemangku kegiatan proses belajar mengajar berkewajiban untuk menentukakan arah pembelajaran dengan berpacuan kepada kurikulum yang ada. Pelaksanaan kurikulum dalam dunia pembelajaran sanangat berkaitan erat dengan manajemen yang diterapkan. Semua ini dibutuhkan kesadaran yang tumbuh dari tenaga pengajar sebagai manifestasi dari tujuan pendidikan Nasional. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan ini diperlukan kehadiran manajemen kurikulum dan strategi pembelajaran agar tujuan pembelajaran (bahasa Arab) mendapatkan hasil yang optimal. Maka dengan ini, harapan kepada semua guru bahasa Arab agar merancang metode pengajaran yang tepat sesuai dengan kondisi peserta didik. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pembelajaran bahasa Arab.