Lingkungan Pendidikan Berperan Aktif Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Menurut Syaikh Al-Zarnuji, Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim
Abstract
Lingkungan merupakan kondisi yang selalu melingkupi keseharian seseorang, dalam konsep pendidikan lingkungan meruapakan seuatu realitas yang sangat mendukung perkembangan pendidikan pendidikan anak, seorang anak yang hidup di lingkungan baik akan berbeda dengan siswa yang berada pada lingkungan yang tidak kondusif, baik dalam aspek pemikiran ataupun kepribadiannya, demikian ini disebabkan lingkungan sangat berperan terhadap pola pikir dan tingkah seorang anak, karenanya tak ayal dalam sebuah pepatah disebutkan seorang yang hidup disekitar pandai besi niscaya ia akan terkena percikan api dan juga baunya meskipun sedikit, demikian juga seorang yang berada dilingkungan penjual minyak wangi niscaya ia akan mencium minyak wangi badannya-pun akan bau wangi.