Kompetensi Pendidik dalam Perspektif Al-Qur`an
Abstract
ABSTRAK Burhanudin 2015 : KOMPETENSI PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN Kompetensi Guru merupakan kewenangan guru untuk melaksanakan serangkaian tugasnya dalam kegiatan relajar mengajar. Dan ini adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Al-Qur’an sebagai kitab petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, baik tersurat maupun tersirat telah banyak memberikan inspirasi terkait konsep pendidikan, tidak terkecuali ayat-ayat yang menjelaskan tentang kompetensi guru. Sehingga dalam penulisan skripsi ini telah dirumuskan berbagai masalah dengan rincian sebagai berikut : • Bagaimana kompetensi pedagogik pendidik dalam perspektif Al Qur’an ? • Bagaimana kompetensi kepribadian pendidik dalam perspektif Al Qur’an ? • Bagaimana kompetensi sosial pendidik dalam perspektif Al Qur’an ? • Bagaimana kompetensi profesional pendidik dalam perspektif Al Qur’an ? Skripsi ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif deskriptif, yakni metode yang memberikan gambaran dan paparan konsep dengan cara berpikir rasional dan reflektif. Dalam metode penafsiran al-Qur’an dikenal dengan sebutan metode Maudhu’i yakni suatu metode yang berupaya menjelaskan kandungan ayat-ayat Al - Qur'an dari berbagai seginya dengan memperhatikan runtutan ayat-ayat Al - Qur'an sebagaimana yang tercantum dalam mushaf. Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah Kompetensi yang harus dimiliki guru menurut al-Qur’an adalah memiliki kepribadian seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW., menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komuniikasi guna pengembangan diri dan ilmu pengetahuan dan memilki kemampuan karya tulis guna pengembangan ilmu pengetahuan dan media komunikasi dengan orang lain. Adapun Kompetensi Guru dalam Ayat ayat Al Qur’an yakni: 1) Kompetensi Kepribadian, 2) Kompetensi Pedagogik, 3) Kompetensi Sosial dan 4) Kompetensi Profesional. Kata Kunci: al-Qur’an, Kompetensi Guru.