PENDEKATAN PRURALISTIK MANAJEMEN KELAS MODEREN DALAM KEARIFAN LOKAL PENGELOLAAN KELAS BESAR PEMBELAJARAN PESANTREN

Abstract

Abstrak Sampai saat ini, pesantren telah menunjukan berbagai dasar keunggulanya di tengah berbagai macam kekurangannya, pesantren secara perlahan sanggup membuktikan sejajar dengan logika pendidikan moderen bahkan menjadi anti tesis perbaikanya, meskipun dalam cakupan yang sangat sederhana, setidaknya dalam hal ini: pertama; ruang pesantren merupakan sebuah ruang kelas besar yang telah didesain sedemikian khas berasaskan symbol kearifan local pesantren guna membentuk lingkungan pembelajaran yang berakhlaq mulia berdasarkan tuntutan agama; dan kedua: harmonisasi sosioemosianal antara guru besar (kyai) dengan guru guru kecil (Ustadz/santri senior) dengan para santri umumnya terjalin sangat sangat erat yang membentuk hirarki sub kultur yang khas ala santri dengan kiainya, dan ketiga: didalam kelas besar Pesantren tersebut sekelompok masyarakat belajar telah sedang diorganisir secara tradisional, bahkan hingga siswa/santri tersebut menjadi alumni sekalipun akan terus menerus berada dalam orbit organisasi ini dengan kebanggaan yang mendalam pada guru dan almamaternya. Key Words: Pruralistik, Manajemen Kelas Moderen, Kearifan Lokal, Pengelolaan Kelas Besar, Pembelajaran Pesantren