Respon Pendidik Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mata PelajaranAl-Qur`an Hadist di MTs Al-Qodiri Jember

Abstract

ABSTRAK Pada pertengahan Tahun 2012, kurikulum 2013 mulai disosialisasikan sampai saat ini. Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum berbasis kompetensi yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pengembangan tersebut tidak hanya pada aspek fisik saja, tapi juga pada pengembangan metodologi. Ketepatan metodologi sangat dibutuhkan dalam penyampaian materi, agar peserta didik memahami materi yang disampaikan secara mendalam, bahkan dalam rencana kurikulum 2013 yang akan lebih mengoptimalisasikan ketiga potensi yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Apabila peserta didik telah memenuhi ketiga potensi di atas, maka dia telah mencapai tujuan pendidikan yaitu untuk menjadi manusia dewasa. Fokus penelitiannya pada respon pendidik terhadap implementasi kurikulum 2013 dalam aspek tujuan, metode dan evaluasi pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Qodiri Jember 2014. Adapun kesimpulannya yaitu: 1) tujuan pembelajarannyasangat sesuai dengan kualitas yang ingin dicapai dari setiap proses, materi dan out put lulusan yang sudah ditetapkan termasuk juga dalam mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis; 2) Metode pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran aktif dan menyenangkan. Guru harus lebih antraktif karena hal-hal yang sudah ada di buku (langkah-langkah) disesuaikan dengan kondisi dari sarana dan prasarana juga kondisi siswa yang bersangkutan; dan 3) Evaluasi kurikulum 2013 yang dilaksanakan dalam setiap materi mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis sudah sangat bagus, karena dengan evaluasi ini siswa lebih bersemangat dan mempunyai rasa ingin tahu sehingga ketika dievaluasi, siswa mampu menjawab dengan  benar, baik itu penilaiannya pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kata Kunci: Respon Pendidik, Implementasi Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis