Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Indonesia Dalam Globalisasi Ekonomi ASEAN
Abstract
Abstrak Dalam dunia pendidikan kurikulum menjadi sebuh jantung sekaligus otak, jika diibaratkan dalam organ tubuh manusia, oleh karenanya maka peran kurikulum sangat erat kaitannya dengan proyeksi pembelajaran yang perlu dilangsungkan dalam proses belajar di tingkat satuan pendidikan. Dengan telah dibukanya masyarakat ekonomi ASEAN tentu lembaga pendidikan juga perlu melakukan pembaharuan dalam kurikulum yang perlu diajarkan terhadap peserta didik. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis library research. Sehingga hasil temuan penelitian ini lebih banyak mengurai hasil temuan yang kemudian dianalisa kembali. Adapun temuan yang didapatkan dari penelitian ini diantanya: Dalam kurikulum pendidikan dasar di Negara Indonesia, pada dasarnya sudah siap dengan diberlakukannya Masyarakat ekonomi ASEAN, karena sejumlah peserta didik jika ditinjau dari kurikulum yang disusun telah diarahkan untuk mengenal karakteristik masyarakat di kawasan asia tenggara.