Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SMAN 3 Surabaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi kepribadian guru di SMAN 3 Surabaya sebagai dasar pengembangan produk berupa pelatihan peningkatan kompetensi kepribadian guru di SMAN 3 Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada Borg dan Gall dengan sepuluh langkah dan diringkas menjadi enam langkah. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah tingkat kompetensi kepribadian guru di SMAN 3 Surabaya yang masih rendah sehingga dikembangkan sebuah produk berupa model, perangkat dan buku pedoman pelatihan peningkaan kompetensi kepribadian guru, dan terbukti efektif untuk membantu meningkatkan kompetensi kepribadian guru di SMAN 3 Surabaya dilihat dari hasil pre dan post pelatihan. Kata Kunci : Model, Pelatihan, Kompetensi Kepribadian, Guru