Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Kemitraan di Sekolah Umum

Abstract

Pendidikan Agama Islam di sekolah umum masih terkesan berfungsi sebagai schooling, indikasinya adalah pembelajaran PAI terjebak dalam hal-hal yang formal (teoritis)  bukan pemaknaan dan hanya menyentuh ranah kognitif. Seharusnya PAI benar benar berungsi education nilai ajaran Islam sehingga proses pembelajaran secara continue mulai dari proses moral knowling, moral feeling, hingga moral action. Oleh karena itu pengembangan PAI perlu dikembangkan agar tujuan tercapai secara efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan; (1) mereaktualisakan PAI di sekolah umum dengan merombak minset  bahwa PAI harus menyentuh segala aspek kehidupan, bukan sebatas agama saja. (2) Pembelajaran PAI harus kontekstual dan multi wawasan, maka dibutuhkan alternatif strategi, salah satunya adalah Pendidikan Agama Islam berbasis kemitraan. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas output sekaligus menyeleraskan antara autput dengan kebutuhan masyarakat.