Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SD dan SMP Plus Al-Qodiri Jember) Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah bertujuan untuk memperoleh deskripsi pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Latar belakang penelitian ini adalah setiap anak mempunyai tingkat intelligensi anak yang berbeda-beda, seringkali terdapat anak yang malas, tidak semangat belajar dan ribut sehingga masih banyak siswa yang mempunyai hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran angket dengan jumlah sampel 60 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan saintifik sangat baik di SD dan SMP Plus Al-Qodiri  diperoleh nilai persentase sebanyak 81, 33 %. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam  di SD dan SMP Plus Al-Qodiri  sudah terlihat banyak peningkatan diperoleh nilai persentase sebanyak 70,67 %, dengan demikian termasuk dalam  kategori baik. Adapun pengaruh pendekatan saintifik (variabel X) terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (variabel Y) adalah 96,04 % sedangkan 3,96 % sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.  Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam