Strategi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Ganda Di Mts Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2018
Abstract
ABSTRAK Karakteristik peserta didik yang harus dipahami oleh guru untuk mengembangkan kecerdasan ganda yang dimiliki oleh peserta didik dengan baik yaitu guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif. Karena tanpa adanya strategi pembelajaran yang dimiliki oleh guru, maka kecerdasan ganda yang ada dalam masing-masing peserta didik tidak dapat berkembang menjadi optimal. Diantara strategi pembelajaran tersebut ada tiga komponen strategi pembelajaran yaitu : strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, strategi pengelolaan pembelajaran. Dengan demikian, sangat dibutuhkan sekali strategi pembelajaran guna untuk mengembankan kecerdasan ganda di Mts Unggulan Nurul Islam Jember. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah :1) Strategi pengorganisasian pembelajaran dalam mengembangkan kecerdasan ganda dapat ditinjau dari guru memberikan suatu konsep urutan pembelajaran kepada siswa agar siswa mudah memahami pembelajaran di kelas supaya dalam peristiwa pembelajaran siswa pembelajarannya efektif serta guru dan siswa mudah memahami gaya belajar dan mereka mengetahui kecerdasan-kecerdasan ganda yang dimiliki siswa yang harus dikembangkan. 2) Strategi penyampaian pembelajaran dalam mengembangkan kecerdasan ganda dapat diketahui dari memahami ketiga komponen strategi penyampaian pembelajaran. Dengan mengembangkan media pembelajaran guru dapat mengetahui interaksi siswa terhadap media yang digunakan oleh guru serta struktur dalam pembelajaran.3) Strategi pengelolaan pembelajaran dalam mengembangkan kecerdasan ganda di dapat dilihat dari sebuah proses pembelajaran yakni memudahkan guru dalam menerangkan, dan siswa menerima ilmu dengan baik secara kondusif serta guru membuat catatan pembelajaran siswa. Dengan melihat perkembangan tersebut, guru dapat melakukan kontrol belajar pada siswa dengan menggunakan variasi media, metode, serta memberikan penguatan agar siswa dapat belajar dengan efektif dan maksimal yang dapat mengetahui kecerdasan-kecerdasan ganda yang miliki siswa yang harus dikembangkan oleh guru Kata Kunci:Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Ganda.