Pendidikan Agama Islam Berperspektif Ekologi

Abstract

Abstrak: Artikel ini mengkaji signifikansi Pendidikan Agama Islam berperspektif ekologi. Bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang religius. Namun sayangnya, prilaku sebagian besar penghuninya tidak religius. Salah satu indikatornya adalah kerusakan ekologi di negeri ini yang kian hari kian parah. Kerusakan ekologis ini menimbulkan sederet bencana alam. Ironisnya, sederet bencana alam yang acapkali menimpa bangsa Indonesia tidak menggugah kesadaran warga negaranya untuk segera memperlakukan alam dengan baik. Untuk menumbuhkan kesadaran ekologis masyarakat dapat dilakukan dengan mengimplementasikan Pendidikan Agama Islam berperspektif ekologi. Pendidikan Agama Islam berperspektif ekologi tidak harus diselenggarakan dengan membuat mata pelajaran atau mata kuliah tersendiri, namun dapat diselenggarakan secara integratif dengan mata pelajaran/kuliah Pendidikan Agama Islam. Dalam pengimplementasikannnya, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan. Elemen-elemen tersebut di antaranya meliputi: kurikulum yang bermuatan ekologis, tersedianya pendidik yang memiliki pengetahuan dan kesadaran ekologis, sumber/materi pembelajaran yang berwawasan ekologis, metode dan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan kesadaran ekologis, serta evaluasi pendidikan berbasis ekologi. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, ekologi, lingkungan, bencana alam Abstract: This article describes the significance of Islamic Religious Education’s ecological perspective. The Indonesian is known as a religious country. Unfortunately, the behavior of most of its inhabitants is not religious. One indicator is the ecological damage in this country which is getting worse. This ecological damage caused a series of natural disasters. Ironically, a series of natural disasters that often afflict the Indonesian nation does not arouse the awareness of its citizens to immediately treat nature well. To foster ecological awareness of the community can be done by implementing an Islamic Religious Education’s ecological perspective. It does not have to be carried out by creating separate subjects or courses, but it can be carried out integrally with Islamic Religious Education subjects/courses. In it implementation, there are several elements that must be considered. These elements are: an ecologically charged curriculum, the availability of educators who have ecological awareness and knowledge, learning resources/materials with ecological insight, learning methods and media that can foster ecological awareness, and evaluation of ecological based education. Keywords: Islamic Religious Education, ecology, environment, natural disaster