Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Sman 1 Pinrang
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar membaca al-Quran yang dialami peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada kelas X SMAN 1 Pinrang. Kemudian mendeskripsikan Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an pada mata pelajaran PAI kelas X SMAN 1 Pinrang Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis sebagai pendekatan utama dan dibantu dengan pendekatan keilmuan yaitu pendekatan pedagogis dan psikologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik sebagai sumber data primer dan dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data tersebut diuji keabsahannya dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan membaca al-Qur’an peserta didik bervariasi, ada yang kesulitan dalam pengucapan huruf sesuai makhraj, adapula yang mengalami kesulitan membaca ketika menyambungkan huruf dengan huruf hijaiyah yang lain. Serta sulit membaca al-Qur’an sesuai tajwid. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an kelas X SMAN 1 Pinrang ada 2 yakni: faktor internal diantaranya rendahnya minat dan motivasi peserta didik dalam membaca al-Qur’an , tidak menyukai pembelajaran pendidikan agama islam. Sedangkan faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian keluarga, faktor sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, latar belakang peserta didik yang berbeda, kemudian lingkungan yang kurang baik dalam hal ini pergaulan. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Membaca Al-Qur’an, Pelajaran PAI.