Strategi Gastrodiplomasi Pemerintah Korea Selatan Dalam Program Global Hansik Campaign Di Indonesia Pada Tahun 2012-2017
Abstract
Global Hansik Campaign adalah upaya gastrodiplomasi Korea Selatan dengan memanfaatkan budaya kuliner Korea sebagai instrumen diplomasinya. Mantan Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak menginisiasi Global Hansik Campaign untuk meningkatkan nation branding Korea Selatan sehingga, citra Korea Selatan dapat dibedakan dengan Jepang dan Tiongkok. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan dari Global Hansik Campaign. Keberhasilan Global Hansik Campaign di Indonesia terlihat ketika tingkat pembukaan restoran Korea di Indonesia memasuki peringkat kelima terbesar di dunia dan tertinggi di Asia Tenggara. Penelitian ini akan mengidentifikasi strategi pemerintah Korea Selatan dalam program Global Hansik Campaign di Indonesia pada tahun 2012-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan penelitian ini adalah data skunder yang diperoleh melalui studi pustaka. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Korea Selatan dalam program Global Hansik Campaign di Indonesia pada tahun 2012-2017. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti akan menggunakan konsep gastrodiplomasi yang dikemukakan oleh Paul S. Rockower dan strategi gastrodiplomasi dari Juyan Zhang. Hasil dari penelitian ini adalah, Korea Selatan menggunakan beragam strategi gastrodiplomasi untuk mengkomunikasikan budaya kuliner Korea kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Keywords: Gastrodiplomacy, Global Hansik Campaign, South Korea, Indonesia