Formulasi Nilai-Nilai Pembelajaran Karakter Berbasis Nilai-Nilai Sufistik Di Islamic Boarding School Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan formulasi nilai-nilai pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai sufistik di Islamic Boarding School Jember. Di dalam penelitian ini, metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif dengan jenis multisitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai sufistik di lembaga MTs IBS bersumber dari ajaran-ajaran Aswaja dan Syaikh Abdul Qodir Jailani serta ajaran dan perilaku pengasuh pesantrenya. Secara umum, nilai-nilai pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai sufistik di lembaga MTs IBS adalah nilai kedisiplinan, keikhlasan, kemandirian, kesederhanaan dan ukhuwah Islamiyah. Sedangkan nilai-nilai yang khusus ketika berinteraksi dengan orang yang lain, nilai-nilai karakter sufistik yang harus dilaksanakan adalah terangkum dengan 6S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Sanjung.