Pengaruh Pengelolaan Diri, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kemampuan Menghafal Santri
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengelolaan diri, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritualterhadap kemampuan menghafal Al Qur’an pada santri MTs di Pondok Pesantren Al Manshur Popongan Tegalgondo Wonosari Klaten tahun 2010. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif untuk menguji hipotesis. Jumlah sampel sebanyak 206 santri yang diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat pengaruh pengelolaan diri terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil t-hitung sebesar 11,513 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil t-hitung 14,496 dengan nilai signifikasi 0,000< 0,05; (3) Terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil t-hitung sebesar 15,412 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; (4) Terdapat pengaruh pengelolaan diri dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil F-hitung sebesar 119,345 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; (5) Terdapat pengaruh pengelolaan diri dan kecerdasan spiritual terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil F-hitung sebesar 140,896 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; (6) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil F-hitung sebesar 156,480 dengan nilai signifikasi 0,000< 0,05; (7) Terdapat pengaruh pengelolaan diri,kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kemampuan menghafal, dengan hasil F-hitung sebesar 108,458 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Pengelolaan diri; kecedasan emosional; kecerdasan spiritual; kemampuan menghafal Al Qur’an.