PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEKS TANTANGAN
Abstract
Berdasarkan hasil observasi terhadap peserta didik ketika berada di Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 Kelas IX-B, ditemukan permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, pada aspek sikap sosial sebanyak 65,22% peserta didik belum mencapai KKM dengan kriteria B. hal ini disebabkan oleh keadaan peserta didik yang memiliki sifat kurang gairah dan tidak bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning, dan hasil belajar berupa aspek sosial melalui model teks yang dikembangkan pada Kurikulum 2013 serta solusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning berlangsung dengan baik. Pada Siklus I, aktivitas pembelajaran mencapai 73,33% dan Siklus II sebesar 93,33% mengalami peningkatan sebesar 20%. Pada Siklus I rata-rata nilai hasil belajar aspek pengetahuan mencapai 2,8 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 60%. Pada Siklus II rata-rata nilai mencapai 3,2 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 92%, mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 32%. Kendala – kendala yang dihadapi, dalam Siklus I maupun Siklus II telah dapat diatasi dengan baik.