STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KOLAM PANCING DAN WARUNG LESEHAN CSDW SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini menggunakan Kolam Pancing & Warung Lesehan CSDW Sidoarjo yang merupakan usaha yang bergerak pada bidang usaha bisnis kuliner sebagai obyek penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh Kolam Pancing & Warung Lesehan CSDW Sidoarjo. Hasil dari metode analisis SWOT tersebut digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat dilakukan Kolam Pancing & Warung Lesehan CSDW Sidoarjo dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan analisis deskriptif yang mengacu pada konsep bauran pemasaran 4P yaitu Product (produk), Price (Harga), Place (tempat) dan Promotion (Promosi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif serta penelitian lapangan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis SWOT dengan tahapan menyusun matriks IFAS dan EFAS, menentukan kuadran SWOT dan matriks SWOT. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kolam Pancing & Warung Lesehan CSDW berada pada posisi kuadran I. Dapat disimpulkan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah strategi agresif yaitu dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada.