UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SUB POKOK BAHASAN PENGERTIAN OTONOMI DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIS TES PORTOFOLIO DI KELAS IX SMPN 2 JATINUNGGAL KABUPATEN SUMEDANG

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui tingkat aktifitas belajar siswa, (2) untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran Evaluasi Formatif.  Karya tulis ini terdiri dari lima bab. Bab satu mengenai pendahuluan. Bab dua mengenai landasan teori. Bab tiga mengeni metode dan teknik penelitian. Bab empat tentang hasil penelitian dan diskusi hasil penelitian. Dan bab lima mengenai kesimpulan dan saran. Pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Landasan teori memuat penjelasan istilah judul, teori pembelajaran dan teori-teori yang mendukung kegiatan penelitian. Metodologi penelitin menjelaskan mengenai prosedur penelitian yang terdiri dari gambaran penelitian, rincian prosedur penelitian, dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian dan diskusi hasil penelitian memuat urian hasil penelitian terdiri dari deskripsi tempat penelitian dan deskripsi hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan. Kemudian dijelaskan juga diskusi hasil penelitian. Dalam bab kesimpulan, penulis menyimpulkan mengenai hal-hal yang dijelaskan dalam penelitian ini pada bab sebelumnya, sebagai jawaban dari rumusan masalah penelitian yang ditetapkan. Karya tulis ini diakhiri dengan saran-saran yang ditujukan bagi guru bahasa Inggris dan para siswa, khususnya yang terlibat dengan penelitian ini, serta kepada pihak sekolah. Isinya adalah mengenai apa yang seharusnya dilakukan dalam pembelajaran PKN.