ANALISIS PENGARUH SOCIAL NETWORK MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh social network marketing terhadap kepercayaan konsumen online shop hijabku, (2) pengaruh social network marketing terhadap minat beli konsumen online shop hijabku, (3) pengaruh electronic word of mouth terhadap kepercayaan konsumen online shop hijabku, (4) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen online shop hijabku, (5) pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen online shop hijabku, (6) pengaruh social network marketing terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen online shop hijabku, (7) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen online shop hijabku. Data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner terhadap 100 sampel dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model Partial Least Square dengan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social network marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Social network marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Social network marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen. Electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen.