ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PERSAINGAN USAHA DI BIDANG KULINER AYAM GEPREK (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN MI3 SETAN DAN AYAM GEPREK JUMBO WARU SIDOARJO)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang sudah diterapkan oleh Rumah Makan Mi3 Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo guna menghadapi ketatnya persaingan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pendekatan studi deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai analisis strategi bersaing pada usaha di bidang ayam geprek Rumah Makan Mi3 Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo berdasarkan lima strategi bersaing Porter. Penelitian ini dilakukan dengan melihat implementasi strategi yang dilakukan oleh Rumah Makan Mi3 Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo dalam usahanya untuk bertahan di tengah ketatnya persingan dalam bidang industri makanan dan minuman. Dalam penelitian ini pengumpulan data subjek penelitian dilakukan dengan cara non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan disertai dengan wawancara pada pemilik dan dua orang karyawan serta 60 pelanggan rumah makan yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi bersaing yang diterapkan oleh Rumah Makan Mi3 Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan perusahaan. Strategi fokus biaya, fokus diferensiasi, dan pelayanan dengan intensitas komunikasi secara terus menerus dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk. Rumah Makan Mi3 Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo mengimplementasikan strategi diferensiasi terhadap produk, promosi dan pelayanan yang dapat berdampak positif terhadap perkembangan Rumah Makan berkaitan dengan peningkatan profit, serta lebih dikenal oleh konsumen. Diharapkan Rumah Makan Mi3 Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan ketertarikan konsumen.