EFEKTIFITAS APLIKASI ACT SEBAGAI LEARNING SOCIETY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN GENRE SOSIO-RELIGI

Abstract

Pembelajaran jarak jauh membuat rawan tindakan plagiarisme, dikarenakan rendahnya kemampuan menulis siswa. Dibutuhkan implementasi kurikulum yang mengubah paradigma terhadap peran manusia dan digital. Tujuan penelitian ini mengkaji peningkatan dan keefektifan kemampuan menulis cerpen genre sosio-religi menggunakan aplikasi ACT sebagai learning society. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif pada metode eksperimen. Desain penelitian dalam bentuk One-Goup Pretest-Postes Design. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan (1) aplikasi ACT sebagai learning society meningkatkan kemampuan menulis cerpen genre sosio-religi, dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar pada nilai pretest 66,8 meningkat menjadi 87 pada nilai posttest. (2) aplikasi ACT menerapkan konsep learning society terbilang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen genre sosio-religi, dibuktikan dengan perbandingan nilai thitung (13,3) lebih besar dari pada ttabel (1,67), (thitung 13,3 > ttabel 1,67), maka hipotesis diterima.