PORTFLEXCTION SEBAGAI MEDIA MENGEKSPRESIKAN DAN MEREFLEKSIKAN PENILAIAN DIRI DI KELAS XII MIPA SMAN 3 BANDUNG

Abstract

Portofolio adalah satu mekanisme penilaian ketrampilan yang bisa menjadi instrumen yang efektif untuk mengetahui berhasil tidaknya proses pembelajaran baik itu formatif atau sumatif. Ada beberapa masalah yang dihadapi dalam kegiatan penilaian seperti Siswa sering terlambat mengumpulkan tugas, kurang peduli terhadap nilai yang diperoleh, kurang bisa mengekspresikan diri melalui tulisan, jarang merefleksikan penilaian diri, belum memiliki media yang tepat untuk menunjukkan prestasi selama di SMA dan kurang memiliki rasa bertanggung jawab terhadap proses penilaian. Tujuan pembuatan Best Practice ini adalah untuk menunjukan penggunaan Portflexction atau Portfolio, Expression dan Reflection sebagai media mengekspresikan dan merefleksikan penilaian diri siswa. Metodologi pembuatan Best Practice ini adalah deskriptif-kualitatif dengan cara membahas kegiatan dan hasil portofolio peserta didik berikut penilaiannya. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA 2 SMAN 3 Bandung. Peserta didik mengumpulkan tugas yang disepakati untuk portofolio dan sertifikat yang mereka peroleh selama di SMA. Peserta didik menulis jurnal pembelajaran, menuliskan ide-ide yang muncul selama melaksanakan tugas dan cara mereka menyelesaikan masalah yang mereka hadapi terkait tugas. Hasil menunjukan bahwa dengan penilaian portfolio, selain bisa menilai diri sendiri terutama hasil tugas mereka, peserta didik dapat berkreatifitas dalam menyusun portfolio tersebut.