BIBLIOBATTLE SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MERESENSI BUKU DI MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Selama pembelajaran daring (PJJ) di masa pandemic Covid-19, kompetensi dasar (materi pembelajaran) yang berkaitan dengan keterampilan menulis resensi memeroleh hasil kurang maksimal, baik dari minat maupun dari teknik menulis sehingga kompetensi dasar yang ditetapkan tidak tercapai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pencapaian kompetensi dasar menulis resensi ini, diperlukan metode khusus. Bibliobattle dipilih sebagai cara untuk meningkatkan minat dan keterampilan meresensi di masa pandemi Covid-19. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bibliobattle mampu meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam meresensi buku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi (pengamatan). Hasil yang diperoleh, Bibliobattle mampu meninkatkan minat dan keterampilan siswa dalam meresensi buku di masa pandemic Covid-19.