MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK RUNNING DICTATION PADA PEMBELAJARAN READING BAHASA INGGRIS KELAS XII DI SMK SMAK PADANG

Abstract

Kegiatan pembelajaran berkaitan erat dengan bakat dan minat peserta didik. Hasil belajar bisa meningkat jika metode atau teknik pembelajaran menarik bagi peserta didik. Ada peserta didik yang menunjukan sikap peduli, aktif, antusias karena ingin mendapatkan nilai yang bagus, tetapi ada pula yang bersikap pasif, kurang berminat, tidak peduli selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dari beberapa metode pembelajaran yang ada, pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kooperatif mampu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Teknik pembelajaran ini mengharapkan peserta didik untuk bekerja dalam team.Teknik running dictation menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dan mengatasi kebosanan serta mampu untuk mengembangkan karakter pada diri peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus. Pada setiap siklusnya ada empat tahapan yaitu : Planning ( rencana ), Action ( tindakan ), Observasi ( pengamatan ) dan Reflection ( refleksi ). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII.8 SMK SMAK Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan penelitian adalah 72,13 , setelah diadakan penelitian rata-rata hasil belajar menjadi 79,23 pada siklus I dan meningkat menjadi 90,40 pada siklus II. Kemudian juga dibuktikan dengan ceklist observasi dan penyebaran kuesioner yang menunjukan bahwa teknik running dictattion mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.