EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN TANGGA KONSEP (MIND LADDER GAME) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK

Abstract

Proses pembelajaran teks cerita pendek pada siswa kelas IX ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan. Data pemerolehan nilai dari hasil Ulangan Harian (UH) menunjukkan bahwa 52 % siswa masih ikut remedi sedangkan Ulangan Tengah Semester (UTS) menunjukkan bahwa 43,5 % siswa masih ikut remedi. Khusus Kompetensi dasar menyusun teks cerita pendek, mereka masih mengalami kesulitan karena kecanduan gawai dan game online. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua. Masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, (3) evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan media inovatif dan interaktif yang diberi nama permainan tangga konsep (Mind Ladder Game). Hasil menunjukkan bahwa keterampilan menyusun teks cerita pendek menunjukkan hasil belajar yang signifikan. Pada siklus 1 peningkatan keterampilan menyusun orientasi dengan rata-rata klasikal 100 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%, sedangkan peningkatan komplikasi masih menurun dengan rata-rata klasikal sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 17,3%, dan peningkatan resolusi dengan rata-rata klasikal sebesar 88% dengan ketuntasan klasikal sebesar 95,6%. Hasil penelitian pada siklus 2 peningkatan keterampilan menyusun orientasi dengan rata-rata klasikal 100% dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%, sedangkan peningkatan komplikasi mengalami peningkatan dengan rata-rata klasikal sebesar 96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,6%, dan peningkatan resolusi dengan rata-rata klasikal sebesar 97 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,9%.