UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI COOPERATED INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BAGI SISWA SMA KELAS XI IPA

Abstract

Penelitian berdasarkan permasalahan, apakah proses pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan partisipasi belajar siswa, dan peningkatan pemahaman siswa. Penelitian ini hanya dikhususkan pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Wachid Hasjim Maduran yang berjumlah 28 siswa dan dilaksanakan tanggal 13 – 28 Agustus 2019 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Materi yang disampaikan adalah bidang studi biologi terutama materi struktur dan fungsi Sel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research) sebanyak dua putaran/siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, pretes, lembar hasil belajar, lembar kerja siswa, postes dan angket. Data pengamatan dianalisis menggunakan uji presentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1) adanya peningkatan motivasi dan partisipasi belajar siswa, 2) terjadi peningkatan pemahaman siswa, 3) ketuntasan klasikal secara keseluruhan meningkat dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (82,14%), 4) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah senang atau positif.