PENGARUH BUDAYA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMAN 1 GEGER KABUPATEN MADIUN SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI
Abstract
Indikasi sikap yang muncul dalam kriteria Sekolah Adiwiyata adalah sikap peduli lingkungan. Sikap peduli lingkungan di sekolah dapat dipengaruhi oleh budaya dan kedisiplinan. Di sekolah siswa dapat berinteraksi dengan seluruh warga sekolah dan dengan lingkungan sekolahnya. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh budaya dan kedisiplinan terhadap sikap peduli lingkungan serta mengetahui sumbangan efektifnya. Metode penelitian dengan survey, bersifat kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Hipotesis diuji dengan regresi ganda. Pengumpulan data menggunakan angket dan dilaksanakan Juli sampai Nopember 2018 pada sampel siswa kelas X, XI, XII SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun. Kesimpulannya ada pengaruh budaya dan kedisiplinan terhadap sikap peduli lingkungan. Pengaruh budaya dan kedisiplinan secara simultan memberi sumbangan efektif tertinggi terhadap sikap peduli lingkungan sebesar 26,73% disusul budaya sebesar 22,28%, dan paling rendah kedisiplinan sebanyak 7,19%. Saran berdasarkan hasil penelitian bahwa pengaruh budaya dan kedisiplinan secara simultan terhadap sikap peduli lingkungan baru bisa mengungkap 26,73%, selebihnya perlu penelitian lanjutan untuk mengungkap variabel lainnya.