PENERAPAN MODEL LISTEN-PAIRS-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN LISTENING DI SMP NEGERI 2 NGAWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimanakah penerapan model Listen-Pair-Share (LPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Listening di Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini, yaitu siswa Kelas VIII-A SMPN 2 Ngawi yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 putra dan 20 putri. Sedangkan tempat pelaksanaan penelitian ini berlangsung di SMP Negeri 2 Ngawi pada tahun pelajaran 2013/2014. Ada dua jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif bersumber dari hasil pengamatan sikap siswa, anget siswa, dan foto kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas, sedangkan data kuantitatif terdiri dari hasil Pre-test dan Post-test kemampuan Listening siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penerapan model Listen-Pair-Share (LPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Listening. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas siswa, yaitu di Siklus I sebesar 83 dan di Siklus II, nilai rata-rata kelas siswa sebesar 85. Selain aspek kognitif tersebut, hasil belajar siswa juga menunjukkan kemajuan yang positif di aspek afektif dan psikomotor selama proses pembelajaran Listening bahasa Inggris di kelas. Nilai rata-rata sikap afektif siswa berpredikat “baik”.