PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MEDIA “TERBERES” DI SMPN 4 MALANG
Abstract
Selama ini dalam melaksanakan pembelajaran surat dinas, guru hanya memberikan materi struktur dan buku EYD lalu siswa langsung ditugaskan menulis surat dinas. Akibatnya, banyak siswa bersikap malas saat mengikuti pembelajaran menulis surat dinas. Selain itu, nilai keterampilan menulis surat dinas mereka masih belum memenuhi ketuntasan belajar minimal (KBM) yang ditetapkan sekolah, yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media “Terberes” dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis surat dinas Siswa Kelas VII-B SMPN 4 Malang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan perefleksian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 4 Malang yang berjumlah 36 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) data presentase minat siswa pada tiap aspek penilaian minat dan (2) data rata-rata nilai keterampilan menulis surat dinas siswa pada setiap aspek penilaian. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 4 Malang. Prosedur Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan rubrik penilaian hasil menulis surat dinas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yakni media “Terberes” dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa kelas VII B SMPN 4 Malang. Minat Siswa dalam pembelajaran menulis surat dinas mengalami peningkatan dari Sklus I ke siklus II. Pada siklus I, Minat siswa sebesar 75,2%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Keterampilan menulis surat dinas juga mengalami peningkatan. Diperoleh rata-rata nilai keseluruhan aspek keterampilan menulis surat dinas pada siklus I adalah 75,6, sedangkan rata-rata nilai keseluruhan aspek keterampilan menulis surat dinas pada siklus II adalah 84,5.