PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH PADA UNSUR KINERJA MELALUI SUPERVISI INDIVIDU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH BINAAN DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Untuk mengetahui sejauhmana kemampuan kepala madrasah didalam mengelola madrasah maka perlu dilakukan penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM). Penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM) merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala madrasah. Peraturan Menteri Agama Nornor 58 Tahun 2017 dan Juknis Dirjen Pendis Nomor : 1111 Tahun 2019 menjelaskan bahwa penilaian kinerja kepala madrasah rneliputi; usaha pengernbangan madrasah yang dilakukan selama rnenjabat sebagai kepala rnadrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kepala madrasah dalam mengelola pengembangan usaha madrasah, mengetahui kemampuan kepala madrasah dalam melaksanakan tugas manajerial, mengetahui kemampuan kepala madrasah dalam mengembangkan kewirausahaan di madrasah dan mengetahui kemampuan kepala madrasah dalam melakukan supervisi pendidik dan tenaga kependidikan. Metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) atau penelitian tindakan (Action Research) digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan dan rata-rata kemampuan kepala madrasah dalam penilaian kinerja kepala madrasah.