INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN

Abstract

Lembaga pendidikan Islam merupakan institusi pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa spiritual dan intelektual yang tinggi. Maka eksistensi lembaga pendidikan Islam harus dipertahankan dengan adanya program unggulan, yang kemudian diharapkan mampu menjawab tantangan dan tuntutan modernisasi, kemajuan globalisasi, dan informasi saat ini. Metode kajian yang digunakan adalah kualitatif, dan metode penyajian datanya adalah deskriptif analisis, serta dirancang dengan pendekatan pustaka yang menelusuri beberapa pembahasan tentang pengembangan pendidikan, pendidikan Islam, dan program unggulan. Hasil dari pembahasan dalam kajian ini adalah 1) pengembangan pendidikan Islam memiliki makna secara kuantitatif dan kualitatif yang dapat diusahakan dengan cara menerapkan program unggulan; 2) dasar pemikiran pengembangan pendidikan Islam harus berpijak pada landasan preskriptif (landasan religius, filosofis, dan yuridis) dan landasan deskriptif (landasan ilmiah); 3) paradigma pengembangan pendidikan Islam yang menonjol adalah ortodoksi, islamisasi, atau modernisasi Islam, 4) strategi pengembangan pendidikan Islam dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan hal-hal yang bersifat prinsip dan dilanjutkan dengan melakukan usaha-usaha yang bersifat praktik, dan 5) inovasi pengembangan pendidikan Islam salah satunya dapat dilakukan dengan program madrasah ungulan.