PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA MADRASAH ALIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksplanasi siswa Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kota Yogyakarta setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbantuan video animasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis and McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan yang setiap pertemuan meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan beserta observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Teknik analisis data kualitatif mempergunakan model Miles and Huberman, sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa MA Nurul Ummah Kota Yogyakarta setelah penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) berbantuan video animasi berhasil ditingkatkan. Di siklus 1, terdapat 27 siswa yang telah mencapai skor lebih besar sama dengan 75 atau sebesar 79.41%. Di siklus 2, terdapat 30 siswa yang telah mencapai skor lebih besar sama dengan 75 atau sebesar 88.23% dalam kategori tinggi. Persentase di siklus 2 ini telah melampaui persentase keberhasilan penelitian sebesar 85% dengan kenaikan sebesar 11.11%.