PENERAPAN GAME CORRONA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGENALAN PERALATAN DASAR LABORATORIUM KIMIA DI KELAS X SMKN 1 MOJOANYAR

Abstract

Materi pengenalan peralatan dasar laboratorium kimia merupakan salah satu materi untuk mata pelajaran Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia (TDPLK). Materi ini diberikan kepada peserta didik di jenjang SMK kelas X untuk kompetensi keahlian kimia analisis. Pada materi ini, peserta didik dituntut untuk mengenal nama alat-alat yang terdapat di laboratorium kimia, dari alat gelas, alat non gelas serta alat penunjang lainnya. Selain mengenal nama alat, mereka juga dituntut untuk mengetahui fungsi setiap alat sehingga mereka akan lebih mudah melakukan dalam melakukan praktikum lanjutan di laboratorium kimia. Tuntutan ini menjadi lebih sulit karena sebagian besar alat yang ada di laboratorium merupakan alat yang baru mereka kenal. Sehingga diperlukan media menarik untuk mempermudah pengenalan alat dasar laboratorium kimia yaitu berupa game CORrONA-COcokno gambaR kaRO NAma (jawa-red). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan (3x45 menit). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X KA 1 SMKN 1 Mojoanyar tahun pelajaran 2019/2020. Data hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas pada siklus I sebesar 70 dengan 73% peserta didikĀ  mencapai KKM, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai kelas meningkat sebesar 80 dengan 88% peserta didik mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar juga terjadi untuk hasil belajar afektif maupun psikomotor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan game CORRONA mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.