ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MENURUT TEORI ANDERSON DAN KRATHWOHL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berdasarkan teori Anderson dan Krathwohl materi program linear pada level menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Kelas yang dipilih adalah kelas XI MIA 1 semester ganjil yang telah mempelajari materi program linear, kelas tersebut dipilih berdasarkan kelas yang memiliki hasil belajar yang tinggi atau aktif dan berprestasi diantara kelas XI yang lain. Subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil tes yang terdiri dari 2 peserta didik yang memiliki nilai tertinggi. Instumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan wawancara. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dapat memenuhi kemampuan berpikir tingkat tinggi dilihat dari level menganalisis, dimana subjek dapat membedakan hal-hal yang relevan, dapat mengorganisasikan informasi dan dapat menghubungakan informasi dalam suatu konsep. Pada level mengevaluasi, subjek dapat memeriksa fakta-fakta yang ada dan mengkritisi suatu hal yang kurang tepat dan pada level mencipta, subjek dapat menciptakan dan merancang langkah-langkah pemecahan masalah dan menghasilkan produk baru.