EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP BIODIVERSITAS DI KELAS X IPA MA MUHAMMADIYAH SALAKA KABUPATEN TAKALAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas Di Kelas X IPA Ma Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jenis penelitian adalah pra eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian adalah siswa Kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar Tahun Ajaran 2020/2021, dengan sampel yang terambil melalui teknik sampel jenuh adalah siswakelas X IPA yang terdiri atas 28 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, serta lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian di kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa berada pada kategori rendah yaitu dengan rata-rata nilai gain 35 Dari hasil analisis inferensial, Ho diterima, dengan demikian gain ternormalisasi hasil belajar siswa kurang dari 0,30. (2) Hasil observasi aktivitas siswa tidak memenuhi indikator efektivitas pembelajaran biologi yaitu 17% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dari 5 indikator yang diamati selebihnya siswa yang lain tidak aktif dalam pembelajaran.(5) Hasil observasi aktivitas guru memenuhi indikator efektivitas pembelajaran biologi yaitu 98% guru terlibat aktif dalam pembelajaran dari 17 indikator yang diamati. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi tidak efektif melalui penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan media grup whatsapp pada pembelajaran biologi konsep biodiversitas di kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kab.Takalar