The Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Peredaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang dalam memfasilitasii keterampilan berpikir kritis peserta didik. Diharapkan dengan adanya Lembar Kerja Peserta Didik yang berkualitas mampu membuat tujuan kurikulum 2013 tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik konsep Sistem Peredaran Darah biologi SMA berbasis keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian inii merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer (1993) yang meliputi tahap uji pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Dalam pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ini, keterampilan berpikir kritis beracuan pada model Facione. Subjek validasi adalah dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas XI SMA. Subjek uji kelompok kecil adalah enam orang peserta didik kelas XI SMA. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa kepraktisan isi hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, memiliki kategori baik dengan skor 3, 71 dan kepraktisan harapan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, memiliki kategori sangat baik dengan skor 94, 45%.