PERANAN PESANTREN DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA IHYAUL ULUM GUNTUNG SIDOGEDUNGBATU SANGKAPURA.

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan pelajaran-pelajaran agama Islam dan juga umum dengan persentase waktu dan jenis mata pelajaran lebih banyak untuk pelajaran agama Islam. Pelajaran-pelajaran agama Islam tersebut juga diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan formal luar pesantren seperti SD, SMP dan SMA/SMK yang dibakukan menjadi satu mata pelajaran PAI. Akan tetapi dalam mengajarkan PAI, lembaga-lembaga di luar pesantren tersebut hanya memberikan alokasi waktu yang amat minim. dengan itu pembelajaran PAI yang diselenggarakan di lembaga-lembaga tersebut tidak akan optimal. Untuk mengoptimalkan pembelajaran PAI dibutuhkan lembaga pendidikan formal yang memberikan alokasi waktu dan jenis mata pelajaran agama yang lebih banyak seperti halnya yang ada di pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi pesantren dalam mengoptimalkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI di MA. Ihyaul Ulum Guntung Sidogedungbatu Sangkapura Gresik. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi terfokus, wawancara jenis pendekatan menggunakan petunjuk umum wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Sedangkan untuk validasi/keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi. Penelitian yang dilakukan ini telah dapat memperoleh kesimpulan bahwa pesantren dapat memberikan kontribusi dalam mengoptimalkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI di MA. Ihyaul Ulum Guntung Sidogedungbatu Sangkapura Gresik Tahun Ajaran 2012/2013.. Peranan tersebut dapat dilihat dari pembelajaran pendidikan agama Islam di MA. Ihyaul Ulum Guntung Sidogedungbatu Sangkapura Gresik. yang bisa dikatakan sudah cukup optimal.