PERAN GURU PAI DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN TELUKJAMBE I KARAWANG

Abstract

Permasalahan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas V di SDN Telukjambe I tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan : (a) Untuk mengetahui dampak positif maupun negatif perkembangan teknilogi komunikasi bagi siswa kelas V di SDN Telukjambe I, (b) Untuk mengetahui kondisi objektif guru PAI di SDN Telukjambe I, dan (c) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas V di SDN Telukjambe I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber dan dalam penelitian ini di bedakan menjadi dua, yaitu sumber data primer yakni kepala sekolah, guru PAI kelas V, dan wali kelas (kelas Va dan Vb) di SDN Telukjambe I, dan sumber data sekunder, yaitu data dalam bentuk dokumen-dokumen yang ada seperti buku, skripsi, arsip dan dokume sekolah yang ada kaitannya dengan pokok permasalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observsi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas V di SDN Telukjambe I telah berhasil melaksanakan beberapa tanggung jawab dan perannya terhadap peserta didik dalam hal melindungi peserta didik dari efek negatif teknologi komunikasi tersebut. Sebelum efek tersebut mempengaruhi peserta didik, peranan guru PAI dalam memberikan pencegahan-pencegahan melalui beberapa kegiatan bermanfaat yang diberikan kepada peserta didik sangatlah dibutuhkan.