Improving Speaking Skill of Eight Graders of MTs Surya Buana Malang Through Role Play

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui tehnik role playpada siswa kelas VIII MTs Surya Buana. Hasil dari study pendahuluan menunjukkan bahwa siswa tidak dapatberbicara dengan baik, kurang dalam tata bahasa, dan mereka mempunyai cukup kosa kata. Peneliti tertarikdalam melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan siswadalam berbicara. Peneliti memfokuskan pada tiga aspek yaitu kosa kata, kelancaran, dan ketepatan. Dalammelaksanakan kegiatan, penelitian ini adalah kolaborasi dimana peneliti dan guru bahasa Inggris berkolaborasidalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan peran kolaborator adalah untuk mengobservasi kegiatanselama proses belajar mengajar dan mengisi instrumen-instrumen. Kegiatan diterapkan dalam satu siklus dansiswa sudah mencapai kriteria sukses. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan dari penggunaantehnik role play dalam pengajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.