Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Mengidentifikasi Teks Drama di Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Mataram)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menemukan dan menghubungkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Agenda Drama Kelas dalam perayaan HUT SMAN 1 Mataram dijadikan sebagai waktu yang tepat dalam mempraktekkan metode CTL untuk pembelajaran “mengidentifikasi teks drama”. PTK ini dirancang dalam dua siklus, selanjutnya diberikan uraian atas terapan kedua metode dan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode ceramah-diskusi diperoleh hasil belajar dengan rata-rata nilai 87,71 dan variasi nilai 1,99. Pada PTK siklus kedua diperoleh rata-rata nilai 94,09 dengan variasi 1,76. Hasil belajar dengan kedua metode tersebut tergolong sangat tinggi. Pada PTK siklus kedua mampu meningkatkan hasil belajar dan hasil semakin merata. Berdasarkan uji beda terbukti bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang singnifikan.