Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada siswa kelas sembilan SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas sembilan Ilmu Sosial di SMAN 3 Mataram, di mana terdapat peningkatan pada siswa Skor standar pada setiap siklus yaitu siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%). Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran ekonomi melalui metode kooperatif think pair share pada siswa kelas XI di SMAN 3 Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share memiliki pemikiran positif dalam meningkatkan pembelajaran siswa di  kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 3 Mataram yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).