ELT Materials Designing and Evaluating

Abstract

Ada dua macam sumber materi ajar umumnya dipakai oleh guru bahasa Inggris mengajar di sekolah.Pertama, apa yang disebut materi „handed‟ dan materi „open-market‟. Akan tetapi sangat disarankan kepadapara guru bahasa Inggris mendisain materi sendiri. Ada beberapa alasan logis yang muncul seperti materi bisadisesuaikan dengan kebutuhan para siswa, bisa menyusuaikannya dengan kurikulum yang berlaku, dan bisamenghindari ketidak cocokan materi dengan situasi kelas atau menghindari penggunaan satu buku untuk semuakelas. Walaupun materi „handed‟ memiliki keunggulan tetapi manfaat dari mendisain materi sendiri lebihbanyak manfaatnya dari materi siap pakai atau materi „handed‟ seperti materi cocok dengan kebutuhan parasiswa, materi dapat dibuat sesuai dengan situasi stempat dan dapat pula disesuaikan dengan kemapuan siswadan latar belakang budaya mereka. Selanjutnya, mendisain materi sendiri bisa memberi manfaat untukmengevaluasi sumber atau buku di mana materi diambil. Buku-buku itu dapat dievaluasi dari external maupuninternal untuk meneliti kualitasnya dan pada ahirnya mendapatkan buku yang sesuai dengan para siswa.