MODEL DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGUASAAN MATERI MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan rendahnya penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah pengantar teknologi pendidikan dengan menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperiment dengan pendekatan desain“One Group Pre Test-Post Test Design”. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes sebagai instrumen pokok dan ceklis dokumen sebagai instrumen pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ditemukan hasil hitung adalah 2,279 dengan t table sebesar 2,045 yang menunjukan (2,279 > 2,045) pada taraf singnifikansi 5%. Berdasarkan hasil hitung diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dari hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap penguasaan konsep pada mata kuliah pengantar teknologi pendidikan mahasiswa semester tiga Prodi Teknologi Pendidikan FIP IKIP Mataram