PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPS MATERI FLORA DAN FAUNA
Abstract
Abstract: Metode pembelajaran IPS yang disajikan guru merupakan suatu sistem pembelajaranyang memungkinkan peserta didik, baik secara individual maupun kelompok aktif mencari,menggali, dan menemukan konsep dari isi materi pelajaran IPS. Selain itu, dalam prosespembelajaran harus bisa memberikan pengalaman belajar yang mendalam seperti memberikankesempatan peserta didik untuk melakukan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, sehingga pesertadidik dapat menemukan sendiri berbagai konsep dari pelajaran IPS yang dapat berimplikasi padapeningkatan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1)Bagaimanakah peranan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS di kelas VII-A SMPNegeri 3 Kuningan? 2) Apakah melalui metode mind mapping dapat meningkatkan partisipasi danpemahaman materi pembelajaran IPS di kelas VII-A SMP Negeri 3 Kuningan?. Jenis penelitian initermasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan penelitian yang berupa tindakanuntuk mengadakan perbaikan dari situasi atau kondisi. Penelitian ini mencoba untuk meningkatkanproses pembelajaran yang menarik karena peserta didik memperoleh pengalaman langsung,sehingga menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksi kesan-kesantentang hal-hal yang dipelajarinya. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi, peneliti bekerjasamadengan guru selaku kolabolator agar kegiatan observasi lebih mudah, teliti, dan objektif. Dalampenelitian ini peneliti bertindak sebagai guru. Desain Penelitian yang dikembangkan di sinimengacu pada penelitian tindakan model Kemmis dan McTaggart yaitu Penelitian Tindakan Kelas(PTK) atau classroom action resaerch, setiap putaran siklus dari penelitian tindakan meliputiperencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) melaluimetode mind mapping dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik sehingga suasanabelajar lebih menyenangkan. Peserta didik lebih aktif dan tidak cepat bosan dalam mengikutiproses pembelajaran. Hal itu terlihat pada saat proses pembelajaran aktivitas peserta didikmeningkat. Aktivitas peserta didik pada siklus kedua semakin meningkat dan proses pembelajaranterlaksana semakin baik. 2) Pembelajaran dengan metode mind mapping dapat meningkatkanpenguasaan materi IPS di SMP Negeri 3 Kuningan. Hal ini dapat ditunjukkan denganmeningkatnya partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Data membuktikan bahwa terjadipeningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik di setiap akhir siklus. Prestasi belajarpeserta didik pada mata pelajaran IPS sebagai berikut. nilai rata-rata sebelum tindakan 69,14setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata siklus I menjadi 78,34 dan pada siklus II nilai rata-ratamenjadi 81,74. Adapun jumlah siswa yang mencapai batas tuntas minimal (>=75) sebelumtindakan 71,43%), yang tuntas pada siklus I sebesar 85,71%) kemudian yang tuntas pada siklus IIsebesar 100%.Kata-kata kunci : metode mind mapping, flora dan fauna