Manajemen Pendidikan Di Negara Cina

Abstract

Pendidikan merupakan jendela ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan setiap orang. Tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Akibatnya, mempengaruhi stabilitas daya saing suatu negara. Berdasarkan beberapa bukti empiris negara China menjadi salah satu negara yang memilki pendidikan terbaik di dunia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa pendidikan di China bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia serta seberapa jauh penerapan manajemen pendidikan di China sehingga dapat dikatakan salah satu negara pendidikan terbaik d dunia.Hasil pembahasan dan diskusi menunjukan bahwa China memiliki sistem pendidikan bersifat transentralisasi, artinya mulai dari level pusat, provinsi, kotamadya, kabupaten, dan termasuk daerah-daerah otonomi setingkat kotamadya. Kemudian pendidikan di China terdiri dari empat sektor (1) basc education, (2) technical & vacational education, (3) higher education, dan (4) adult education. Selain empat sektor tersebut terdapat pula pendidikan non formal yaitu pendidikan literasi guna untuk memberantas buta huruf. Kurkulum pendidikan di china lebih fleksibel dengan kebutuhan siswanya dan kesejahteraan guru lebih diperhatikan.