PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DI INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA RESTORAN RICHEESE FACTORY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap keputusan  pembelian.  Populasi  penelitian  adalah pengguna internet yang berinteraksi di social media Instagram pada hastag #Richeesefactory. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah platform assistance, concern for others, economic insentive, helping the company, extraversion dan advice seeking untuk variabel eWOM dan dimensi Tindakan konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian untuk variabel Keputusan Pembelian. Teknik pengambilan sampel proporsional adalah simple random sampling. Sampel dari berjumlah 100 responden. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisa Regresi Sederhana dengan SPSS 19. Hasil penelitian ini adalah: electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram memiliki pengaruh yang positif terhadap Keputusan Pembelian pada Richeese Factory, di mana hal tersebut  menunjukkan bahwa semakin banyak electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram yang diterima, maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu electronic Word of Mouth (eWOM) mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 34,7%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang tidak terlalu besar. Sedangkan sisanya sebesar 65,3% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain, seperti berbagai aktivitas pemasaran lainnya dari restoran Richeese Factory.