KINERJA PEMASARAN PADA UKM MEBEL DI KABUPATEN KUNINGAN

Abstract

Masalah yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah menurunnya kinerja pemasaran perusahaan-perusahaan UKM Mebel di Kabupaten Kuningan. Untuk bisa mengatasi masalah ini, maka perlu diketahui faktor-faktor penyebabnya. Telaah pustaka menunjukkan bahwa kinerja pemasaran ini dipengaruhi secara langsung oleh keunggulan bersaing. Sementara keunggulan bersaing dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, kualitas aset stratejik, dan orientasi pasar. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menguji keterkaitan kelima variabel tersebut, untuk kemudian mencari solusi bagi permasalahan penurunan kinerja pemasaran di atas. Penelitian dilakukan terhadap 82 perusahaan sebagai  sampel terpilih dari populasi sejumlah 103 perusahaan. Data diperoleh dari angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lemahnya keunggulan bersaing merupakan faktor utama yang menyebabkan menurunnya kinerja pemasaran perusahaan-perusahaan mebel di Kabupaten Kuningan. Sementara itu, lemahnya keunggulan bersaing disebabkan oleh lemahnya adaptabilitas lingkungan, orientasi pasar, kualitas aset stratejik, dan perilaku kewirausahaan mereka. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka untuk meningkatkan kinerja pemasaran mereka direkomendasikan untuk: meningkatkan inovasi produk sehinga tidak kalah oleh pesaing, pantau dan perhatikan produk pesaing, sering-seringlah ikut pameran untuk menambah wawasan dan mengasah kreativitas, perbaiki hubungan dengan penyalur, ikutilah pelatihan-pelatihan marketing, serta  perluas jejaring untuk meningkatkan kapabilitas organisasi.