UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT
Abstract
Ringkasan - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Sunggal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Team Game Tournament. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-2 sebanyak 36 siswa. Berdasarkan hasil tes akhir diketahui banwa dari 36 siswa, terdapat peningkatan hasil belajar, yaitu nilai < 75 sebanyak (22,23%) 8 siswa, sedangkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimum, yaitu (77,77%) 28 siswa dengan nilai rata-rata 81,33. Ini berarti peningkatannya sebesar 52,77%. Hasil observasi tentang aktifitas siswa dengan penerapan metode TGT, 20 siswa ( 55,55%) aktifitasnya “sangat tinggi”, 15 siswa ( 41,66%) “tinggi”, dan seorang siswa ( 2,77%) “sedang”. Hasil pemberian angket, seorang siswa (2,77%) aktifitas belajarya “tinggi”, 29 siswa (80,55%) “sedang”, 6 siswa (16,66%) “rendah”. Hal ini berarti bahwa indikator penelitian telah tercapai.Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Metode Team Game Tournament